Blogger Jateng

Gaji Administrasi Perkantoran Lulusan SMK

Gaji Administrasi Perkantoran Lulusan SMK


Lpg.my.id - Gaji Administrasi Perkantoran Lulusan SMK memang merupakan hal yang sangat menarik untuk kita bahas kali ini. Apalagi jurusan SMK ini termasuk salah satu yang terbanyak selain dari jurusan besar lainnya.

Meski hanya lulusan SMK, namun seorang dengan jurusan Administrasi Perkantoran tentu mampu mengerjakan pekerjaan kantor yang berhubungan dengan Admin. Sehingga banyak sekali perusahaan yang cenderung memilih jurusan SMK ini untuk dijadikan sebagai karyawan mereka.

Gaji Administrasi Perkantoran Lulusan SMK

Rata rata gaji Administrasi Perkantoran lulusan SMK adalah Rp3.000.000 – Rp4.000.000 tergantung di daerah mana ia bekerja dan jabatan apa yang ia peroleh. Karena kedua hal tersebut merupakan hal yang sangat mempengaruhi besarnya gaji lulusan SMK ini.

Apalagi sistem gaji di Indonesia yang mayoritas menggunakan sistem UMK / UMR, membuat gaji di setiap daerah berbeda beda. Jadi ketika seorang karyawan lulusan SMK Administrasi Perkantoran bekerja di Karawang, tentu gajinya akan lebih besar dengan orang yang lulusan sama namun berada di daerah Semarang.

Ini karena dipengaruhi oleh nilai UMR / UMK Karawang yang cukup jauh berbeda dengan UMK / UMR Semarang.

Tapi tak hanya itu, sebenarnya antara fresh graduate atau yang sebaliknya (sudah berpengalaman), juga turut mempengaruhi gaji seseorang. Semakin berpengalaman seseorang di bidangnya, maka gaji yang akan mereka punyai juga semakin tinggi.

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan Administrasi sebenarnya sangatlah banyak, berikut beberapa daftarnya :
  • Staff Administrasi. Untuk pabrik pabrik yang tidak terlalu besar, biasanya lebih memilih jurusan SMK dibanding S1 khusus untuk jabatan ini.
  • Sekretaris. Beberapa pengusaha yang sedang mengembangkan usahanya juga kerap memilih jurusan Administrasi Perkantoran untuk dijadikan sebagai Sekretaris.
  • Resepsionis. Biasanya memang untuk posisi Resepsionis dipilih dari jurusan yang ada pelajaran pembukuan, seperti AP ini.
  • Operator Produksi. Sebenarnya jabatan operator produksi di perusahaan biasanya bebas ditempati oleh jurusan SMK apa saja.
  • Asisten Sekretaris. Bilamana didalam sebuah perusahaan membutuhkan asisten Sekretaris, maka biasanya akan lebih memilih jurusan SMK seperti AP.
  • Admin Produksi. Posisi Admin produksi memang biasanya dipercayakan kepada para lulusan SMK seperti Administrasi Perkantoran.
  • Admin Gudang. Tak berbeda jauh dengan posisi ini, AP juga biasanya lebih dipilih.
  • Kasir. Beberapa Supermarket atau Koperasi, biasanya suka memberikan posisi kasir kepada SMK jurusan AP.

Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

Jurusan kulian yang bagus untuk lulusan SMK Administrasi Perkantoran sangatlah banyak, beberapa diantaranya adalah :
  1. Ilmu Perpustakaan
  2. Akutansi
  3. Manajemen
  4. Administrasi Niaga
  5. Pendidikan Administrasi Perkantoran
  6. Administrasi Negara
  7. Administrasi Pendidikan
  8. Perbankan
  9. Hubungan Nasional
  10. Pendidikan Tata Niaga

Ke-10 jurusan kuliah tersebut sangat cocok untuk Anda yang lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran, alasanya karena nantinya hal yang dipelajari saat kuliah, akan ada sangkut pautnya dengan yang dipelajari saat SMK. Sehingga ini sangat cocok.

Demikian informasi mengenai Gaji Administrasi Perkantoran lulusan SMK beserta informasi mengenai pekerjaan yang cocok dan jurusan kuliah yang pas.
Lampung Blogger
Lampung Blogger Lampung Blogger Merupakan situs yang membahas informasi Seputar Tutorial, dan Ilmu Pengetahuan.

Post a Comment for "Gaji Administrasi Perkantoran Lulusan SMK"