Blogger Jateng

UMK Luwu Timur

UMK Luwu Timur

Lpg.my.id - Kabupaten Luwu Timur merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Oleh sebab itu penetapan Upah Minimum di kabupaten ini dilakukan oleh Gubernur Sulsel aktif. Nah pada November 2021 kemarin, penetapan upah minimum provinsi dan kabupaten telah diputuskan bersama dan akan berlaku mulai 1 Januari sampai 31 Desember 2022.

Gaji UMK Luwu Timur Terbaru

Berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan, karena Luwu Timur belum bisa menetapkan upah sendiri, maka Gaji UMK Luwu timur ditetapkan Rp3.165.876 (Sesuai UMP).

Kabupaten / Kota UMR UMK 2021 (Mengikuti UMP) UMR UMK 2022 (Mengikuti UMP)
Kabupaten Luwu Timur Rp3.165.000 Rp3.165.876

Sesuai dengan tabel diatas, maka dapat disimpulkan bahwa UMK Luwu Timur memperoleh kenaikan sebesar 876 Rupiah. Karena di tahun 2021 UMP/UMK Luwu Timur besarnya Rp3.165.000.

Meski 876 rupiah terbilang kecil, namun memang untuk penetapan UMR di tahun ini kenaikannya tidak signifikan. Rata rata sekitar 1 %, bahkan banyak yang kurang dari segitu dan untuk beberapa daerah malah tidak naik sama sekali.

Buat Perbandingan Ini UMR Balikpapan atau UMK Manokwari .

Aspek Yang Menentukan UMK Luwu Timur Ikut UMP
Salah satu hal mendasar yang melatarbelakangi adanya sistem gaji UMR/UMK adalah karena untuk menengahi buruh dan pengusaha. Oleh sebab itu bisa dibilang penetapan UMK dilakukan untuk menjaga kepentingan antara buruh dan perusahaan/pabrik.

Lantas bilamana di suatu kabupaten tidak ada pabrik besar dan hanya ada pengusaha UMKM bagaimana ? Nah apabila ada kejadian seperti ini maka sistem upahnya bisa mengikuti UMP. Karena kalau tidak ada pabrik pabrik gede, maka pemerintah tidak berhak memutuskan UMK.


Inilah yang terjadi di wilayah Kabupaten Luwu Timur, karena di wilayah ini memang tidak banyak / tidak ada pabrik besar. Maka pemerintah tidak bisa menetapkan UMK dan hanya bisa diikutkan UMP.

Landasan UU Untuk Penetapan UMR di Indonesia

Landasan pertama adalah mengenai penyebutan UMR dan UMK yang mengacu pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 226 tahun 2000. Yang mana menyatakan UMR level 1 mengalami perubahan nama jadi Upah Minimum Provinsi (UMP). Sedangkan upah level 2 berubah jadi Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK)

Lalu untuk penentuan besaran UMK/UMP didasarkan kepada UU terbaru yaitu UU Omnibus Law yang disahkan pada tahun 2020 kemarin.

Penjabat Yang Menentukan Besaran UMP / UMK

Orang yang memiliki hak menetapkan dan mengesahkan besaran UMP dan UMK adalah Gubernur atas usulan Dewan pengupahan Provinsi. Adapun tatacaranya ialah menggunakan Surat Keputusan Gubernur.

UMR Bukan Pendapatan Bersih Bulanan

Maksud dari UMR Bukan Pendapatan bersih adalah meski gaji Kamu adalah sesuai UMR, namun penghasilan Anda tentu dapat berbeda dari besaran UMR yang telah disahkan. Ini karena tergantung biaya potongan apa saja yang Anda terima maupun tunjangan apa saja yang kamu peroleh.

Misal saja seseorang dengan gaji UMR 3.1 Juta, bisa saja mendapatkan gaji sampai 3.4 –  3.8 juta. Jika ia memperoleh tunjangan transportasi dan uang makan. Atau bisa juga kamu akan memperoleh gaji cuma 2.9 juta. Jika Anda mendapatkan berbagai potongan seperti BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Masa Kerja Bagi Buruh Bergaji UMR

Bagi karyawan yang mendapat gaji UMR di sebuah perusahaan. Biasanya akan mendapat masa kerja atau yang biasa di sebut kontrak kerja. Umumnya mereka akan mendapat 1 – 2 tahun masa kerja. Dan apabila si karyawan memiliki kinerja yang bagus dengan skill yang handal, maka akan memperoleh perpanjangan masa kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sanksi Bagi Pelanggar Yang Tidak Mematuhi Pengupahan Berdasar UMP / UMK
Berdasarkan Undang-Undang No. 13 tahun 2003 perihal Ketenagakerjaan. Bagi pegusaha yang tidak memberikan upah berdasar ketentuan UMP, maka akan dianggap sebagai pelaku kejahatan dengan ancaman sanksi berupa penjara dari 1 – 4 tahun dan denda minimal seratus juta dan maksimal empat ratus juta. UMP yang ditetapkan pemerintah adalah gaji pokok bagi pekerja yang masih belum menikah dan punya kontrak kerja 0-12 bulan.

Demikian informasi mengenai gaji umk kabupaten Luwu Timur, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung 
Lampung Blogger
Lampung Blogger Lampung Blogger Merupakan situs yang membahas informasi Seputar Tutorial, dan Ilmu Pengetahuan.

Post a Comment for "UMK Luwu Timur"